Saturday, October 31, 2009

Samsung C6625 (Valencia), HP 'qwerty' dibawah 3 juta

Buat para pecinta HP Samsung, ditengah Booming BlackBerry di Indonesia, Samsung meluncurkan peranti berkeyboard untuk menyemarakan pasar. Salah satunya adalah Samsung C6625, atau lebih ngetop dengan nama Samsung Valencia. Saat artikel ini diturunkan, Samsung belum mengeluarkan harga resmi Valencia. Tapi bila benar gosip yang mengatakan bahwa Valencia akan keluar dengan kisaran harga Rp. 2.5 juta, kami yakin Valencia bisa memanaskan pasar smartphone berbasis Windows Mobile.

Sebetulnya Valencia masih termasuk anggota keluarga BlackJack yang berciri khas keyboard Qwerty. Jika terlihat berbeda, itu mungkin karena bodinya yang "lebih kotak" dan jauh lebih lebar. Bandingkan dengan SGH-i780, misalnya, yang terlihat lebih fashionist dan ramping.

Valencia juga memakai warna kombinasi separuh hitam separuh perak; berbeda dengan para pendahulunya yang terlihat solid dengan warna bodi seluruhnya hitam. Casing-nya terbuat dari bahan plastik yang membuat bobotnya terasa ringan. Namun ini juga membuatnya gampang lecet tergores sehingga akhirnya jadi terkesan murah meriah.

Layarnya bukan layar sentuh, jadi kita tak bisa pakai stylus. Home screen terlihat berbeda karena ada semacam pita tab di sisi kiri layar, mirip dengan pita widget di Samsung Omnia. Tab yang kami lihat adalah Home, Contacts, Music, Photo dan Shortcuts. Kami tak berhasil menemukan cara untuk mengganti tab tersebut. Yang bisa kami ubah hanya pintasan yang ada dalam Shortcuts.

Karena layarnya bukan layar sentuh, tak heran bila Valencia hanya memakai Windows Mobile 6.1 Standard. Sistem operasi ini didukung banyak aplikasi pihak ketiga sehingga mudah saja untuk menambahkan aplikasi lain yang kita inginkan, baik untuk pendukung kerja maupun sekadar bersenang-senang. Di antara aplikasi ekstra, kami melihat ada Midomi (untuk Music Recognition), Facebook, ShoZu dan BeejiveIM. Samsung juga mengatakan bahwa Valencia mendukung Java MIDP 2.0, sehingga kita juga bisa memanfaatkan aplikasi berbasis Java.

Yang menarik dicatat agaknya adalah Email Wizard. Ini menyiapkan langkah cepat untuk menyetel account gratisan, termasuk Gmail dan Yahoo. Windows Mobile 6.1 juga sudah mendukung SMS thread yang tampilannya mirip chatting itu. Tambahan menarik yang dimasukkan Samsung adalah Message Ticker. Jika diaktifkan, akan muncul semacam ticker di home screen ketika ada SMS yang masuk.


Valencia menyediakan FM Radio yang dilengkapi RDS. Sayang, karena unit yang kami terima tak disertai headset, maka kami tak bisa bercerita lebih banyak mengenai fasilitas ini. Peranti pintar ini juga dilengkapi GPS berbasis A-GPS. Namun sepanjang pengamatan kami, tak ada aplikasi peta yang disertakan Samsung untuknya.

Slot MicroSD ada di kiri bodi, kira-kira sejajar bawah layar. Ada penutup slot. Sedangkan port headset (sekaligus kabel data) ada di ujung atas kanan bodi. Slot SIM tak tersembunyi di balik batere. Tapi mulut slot tetap terganjal batere sehingga tak bisa sembarang cabut-pasang SIM card.

Valencia punya fasilitas 3.5G. Tergantung kondisi jaringan provider seluler, seharusnya kita dapat menikmati internet kecepatan tinggi. Peranti ini dapat pula dijadikan modem. Yang kami sayangkan dari Valencia adalah tidak adanya WiFi. Jadi tak ada alternatif untuk terkoneksi ke internet.

***

Dari sisi fasilitas dan desain, tidak ada yang eksotis dari Samsung Valencia. Fasilitas yang menonjol adalah tombol QWERTY dan dukungan 3,5G, namun ketiadaan WiFi sedikit mengecewakan. Desainnya juga terbilang sederhana dan konvensional. Namun yang paling layak digarisbawahi dari piranti ini adalah harganya yang kompetitif. Meski belum mendapat harga resmi, Samsung Valencia kemungkinan dibandrol di bawah harga Rp. 3 juta. Jadi, Samsung Valencia layak menjadi alternatif bagi Anda yang mencari peranti ber-keyboard.

Plus : Keyboard Qwerty; harga kompetitif
Minus : Tak ada WiFi

Spesifikasi Samsung C6625

Jaringan : GSM 900/1800/1900 MHz

Layar : 2.6 inci, TFT, 320x240 pixel, 262 ribu warna

Sistem operasi : Windows Mobile 6.1 Standard

Memori internal : 100MB

Memori tambahan : MicroSD

Kamera : 2MP; cermin

Koneksi antar piranti : Kabel data, Bluetooth

Koneksi internet : GPRS/EDGE/HSDPA

Baterai : Li-ion 3.7V 1300mAh

Waktu siaga : rata-rata 3 hari

Waktu bicara : rata-rata 4 jam

Dimensi : 11,4x6,4x1,2 cm

Bobot : 108 gram

Aplikasi Penting :
D-Day, World Map, Podcast, RSS Reader, Streaming Player, Windows Media, Office Mobile, Adobe Flash Lite, Smart Converter, StopWatch, Games, Message Ticker, Adobe Reader LE, BeejiveIM, Facebook, FM Radio, Midomi, My Mobiler, ShoZu, Team manager, Java MIDP 2.0

Isi paket : Charger, kabel data, headset, manual

Situs Web : id.samsungmobile.com

Harga kisaran* : Di bawah Rp. 3 juta

Sumber : Info Komputer

3 comments:

Blog Widget by LinkWithin