Sunday, November 8, 2009

Baggers, Resto Canggih dengan 'Rollercoaster'

Beberapa waktu lalu, saya diajak teman saya untuk makan malam di sebuah restoran bernama The Baggers. Resto ini berada di pinggir kota Nurnberg, Jerman. Dari depan, resto ini (menurut saya) mirip toko kaos, karena terdapat spanduk dengan banyak gambar kaos.
Setelah masuk, ternyata lebih banyak kaos didalamnya. Kaos tersebut merupakan souvenir bagi para pengunjung yang ingin membeli cendera mata dari toko tersebut.

Pelayan menyambut kami dengan ramah, sambil menerahkan 'kartu resto' dan petunjuk penggunaan. Terus terang, saya bingung dengan semua ini, apalagi setelah masuk ke area resto di lantai 2. Banyak sekali meja budar dengan rel-rel di tengahnya yang mirip dengan rel rollercoaster. Awalnya saya kira itu hanya dekorasi, tapi ternyata.........

Teman saya menerangkan cara memesan makanan disini, karena memang dia bisa dibilang cukup sering makan di resto ini.
Dia mengambil tv monitor yang bisa digeser-geser di atas meja, kemudian masukkan 'kartu resto' pada tempat kartu di samping monitor tersebut.
Pilih nomor meja Anda (karena kami duduk berdasarkan nomor meja), setiap nomor mempunyai warna yang berbeda, warna ini digunakan untuk membedakan pesanan Anda. Saya baru sadar bahwa untuk memesan makanan disini menggunakan cara 'online' dari monitor tadi, jadi tidak perlu memanggil pelayan. Anda tinggal menekan layar 'touch screen' untuk memilih menu yang Anda suka. Semuanya lengkap, mulai dari nama makanan, foto makanan, harga, banyaknya pesanan, minuman hidangan penutup, bahkan total tagihan Anda pun bisa dilihat di monitor ini. Luar biasa.........



Setelah melihat-lihat semua menu yang ada, saya pun segera memesan makanan dan minuman. Sekedar tambahan, semua minuman disini umumnya bir dan wine, jadi semua langsung dari botol. Untuk gelas, piring, sendok, dan lainnya semua ada di tengah-tengah meja.
Setelah menunggu beberapa saat, minuman yang saya pesan datang terlebih dahulu. Ini yang membuat saya takjub... Proses pengiriman makanan dan minuman dari dapur ke konsumen dengan menggunakan rel rollercoaster tadi. Wow... Keren.................


Semuanya meluncur dari dapur yang letaknya di atas kami menuju meja para konsumen, sesuai dengan nomor dan warna meja yang memesan. Tidak ada makanan ataupun minuman yang tumpah, karena mereka telah 'mengemas' makanannya dengan baik. Bahkan kadang-kadang mereka meletakkan kembang api diatas pesanan kami sebagai hiasan.
Bukan cuma tempat dan dekorasinya saja yang hebat, rasa makanannya pun lumayan enak. Apalagi jika Anda berkunjung pada waktu musim panas, Anda bisa menikmati makanan Anda di luar ruangan sambil menikmati udara malam hari yang hangat. Sayang, ketika saya berkunjung ke tempat ini sudah mulai musim dingin dan salju sudah mulai turun, jadi tidak mungkin makan di luar resto.


Tak terasa hampir 2 jam saya disini, menikmati berbagai jenis makanan khas Jerman, mulai dari menu utama hingga hidangan penutup dengan diiringi musik Jerman dari TV berukuran besar. Setelah selesai, kami menuju bagian kasir dan menyerahkan 'kartu resto' kami untuk di 'scan'. Dari proses scan ini dapat diketahui banyaknya pesanan kami dan juga total tagihan yang harus kami bayar. Hebat, semua proses dilakukan secara otomatis. Namun untuk membersihkan meja masih tetap dilakukan secara manual oleh pelayan resto.


Benar-benar makan malam yang luar biasa, saya sangat takjub dengan resto yang satu ini, untung saja noraknya ga ketahuan oleh pengunjung yang lain... :)
Kira kira di Indo sudah ada belum ya resto semacam ini...??

0 comments:

Post a Comment

Blog Widget by LinkWithin