Monday, September 14, 2009

Sony Ericsson W705, Seri Musik Keren, Berkecepatan Tinggi

Sony Ericsson seri Walkman dikenal dengan keunikan tombol Walkman-nya. Pada W705, tombol itu akan kita temukan di atas bodi, belahan belakang, tepat di tengah. Tentu saja dengan logo W yang khas Walkman.

Memencet tombol ini akan langsung membuka aplikasi Walkman. Selanjutnya kita tinggal pakai navigasi untuk mengendalikan player. Navigasi atas-bawah membawa kita masuk ke playlist. Sementara navigasi kiri, tengah dan kanan berfungsi sebagaimana icon yang tertera padanya.

Di jajaran Options ada Play mode (Shuffle, Loop), Equaliser, Visualisations (Album art, Visualisations, Off), Stereo widening, dan Auto rotate.

Yang penting dicatat adalah Equaliser masih bisa disetel ulang. Di sini disediakan opsi Treble, Heavy, Pop, Jazz, Normal, Unique, Soul, Easy, dan Bass. Mengaktifkan Auto rotate membuat fungsi sensor bekerja. Bila bodi ponsel diposisikan horizontal, tampilan layar ikut berubah horizontal.

Sony Ericsson menempatkan speaker ekstra di belakang bodi. Perhatikan aksen memanjang di sebelah bawah pada posisi vertikal; itulah speakernya. Tombol pengatur volumenya ditaruh di kanan, sebelah atas.

Bila lebih suka pakai headset, tinggal tancapkan kabelnya ke port yang ada di kiri bodi sebelah atas. Letak port ini cukup nyaman, tak mengganggu genggaman. Suara mantap terasa saat musik didengarkan lewat headphone bawaannya. Adapun lewat speaker, suaranya kurang keras meski memang terdengar jernih.


Radio
Selain Walkman, musik dan lagu juga bisa kita nikmati dari radio. Seperti biasa, radio di W705 baru berfungsi bila headset terpasang. Ada 20 slot di Channels untuk menyimpan saluran favorit, pun ada pengaturan Auto save, Turn on speaker, Set frequency dan Turn on Mono/Stereo.

Sony Ericsson juga melengkapi Radio dengan TrackID dan RDS. Navigasi atas-bawah dipakai untuk pindah saluran sesuai daftar, sedangkan navigasi kiri-kanan untuk pindah saluran dengan frekuensi 0.1. Memencet navigasi tengah akan melakukan search.

Kapasitas dan Konektivitas
Slot M2 tersembunyi di balik casing; letaknya di kiri bodi sebelah bawah mudah dikenali dari teks M2 yang terpatri di casing. Lumayan mudah untuk gonta-ganti M2 karena casing mudah dilepas, bahkan pada saat ponsel menyala.

Namun Sinyal tidak merekomendasikan untuk sering-sering buka casing saat ponsel masih menyala karena beresiko batere copot atau mengganggu komponen ponsel lainnya. Port yang ada di kiri bodi (ujung atas) dipakai pula untuk transfer data, selain untuk isi ulang batere dan colokan headset.

Kamera
Kamera utama ada di belakang bodi, tepatnya di kiri atas. Ada teks 3.2MP menandai resolusi kamera tersebut. Kamera ditemani lampu kilat, persis bersebelahan. Tombol kameranya ada di kanan bodi, sebelah bawah. Memencet ini akan membuka Camera. Perpindahan antara moda foto, video dan album bisa dilakukan dengan menggeser navigasi sesuai icon yang dituju.

Setting yang ada standar, tanpa otofokus. Karena itu kualitas fotonya biasa saja. Pada moda foto, kami melihat Shoot mode (Normal, Panorama, Frames, Burst), Picture size (3MP, 2MP, 1MP, VGA), Night mode, Light, Self-timer, White balance, Effects (Off, Black & white, Negative, Sepia). Ada pula Picture quality (Fine, Normal), Review, Add position, Save to, Auto rotate, dan Shutter sound.

Pada moda video, ada Video length (Normal, For picture msg), Light, Night mode, Self-timer, Microphone, White balance dan Effects. Ada juga Review dan Save to.

Meski ponsel punya fasilitas internet kecepatan tinggi, tak ada fitur langsung untuk blogging. Setelah jepret foto, hanya terlihat Pan & zoom, Photo fix, dan Edit in PhotoDJ. Sedangkan sesudah rekam video, hanya ada opsi Play dan VideoDJ. Jika ingin mengirim ke website, harus buka dulu file itu di album, baru pilih Send > To Web site.

Sony Ericsson melengkapi W705 dengan PictBridge. Jadi bisa langsung dikoneksikan ke printer via kabel data, lalu langsung cetak foto yang kita sukai.

Kamera sekunder ada di kanan atas layar; ini utamanya dipakai untuk video call. Menunya ada di Organiser > Video call. Kamera sekunder maupun belakang bisa dipakai untuk video call, tapi hanya kamera utama yang bisa dipakai untuk Take picture.

GPS dan Wi-Fi
W705 punya GPS; kita bisa temukan di Entertainment > Location services. Sony Ericsson memasukkan Google Maps sebagai petanya. Fitur yang disiapkan lumayan banyak; di antaranya ada My Location, Directions, Map View, Show Traffic dan Favourites. Akurasinya cukup bagus. Tapi kita harus pastikan ponsel berada di tempat terbuka saat sinkronisasi dengan satelit.

Yang menyenangkan, Sony Ericsson memasukkan pula fasilitas WiFi. Jadi ada alternatif bila sedang berada di luar jaringan 3G.

Desain
Sony Ericsson kembali memakai model sliding untuk W705. Kabarnya, pilihan Warna yang disiapkan adalah perak (Silver Luxury) dan merah (Passionate Red).

Dalam keadaan biasa, wajah W705 hanya menampakkan layar lega dan tiga "lingkaran" yang memuat tombol-tombol dan navigasi. "Lingkaran" kiri memuat tombol menu kiri, tombol Call dan tombol Shortcuts, sementara yang kanan memuat tombol menu kanan, tombol End call/On-Off dan tombol Clear. Yang tengah adalah navigasi 4-arah plus tombol tengah. Navigasi sekaligus berfungsi sebagai tombol player. Perhatikan tanda fast backward, play/pause, fast forward di navigasi kiri, tengah, dan kanan.

Menggeser-buka bodi akan sekaligus membuka penguncian tombol. Cara lain untuk membuka penguncian adalah dengan memencet menu kiri (Unlock) dan disambung menu kanan (OK)

Keypad terlihat bila bagian bodi depan sudah digeser-buka ke atas. Karena keypad tersembunyi, maka tak perlu repot memikirkan penguncian keypad.

Slot SIM tak tersembunyi di balik batere. Tapi tetap tak bisa sembarangan cabut-pasang SIM karena mulut slot tetap terganjal batere.

Maka SE W705 adalah.........
Ponsel musik Keren plus internet kecepatan tinggi


PLUS : Suara & headphone bagus, sliding mulus

MINUS : Tanpa jack 3,5mm, kamera tanpa otofokus

Spesifikasi : Sony Ericsson W705
Harga : Rp.3.800.000
Jaringan : GSM 850/900/1800/1900 MHz
Bentuk : Bar
Dimensi : 95x48x14 mm
Bobot : 98 gram
Batere : Li-Polymer 3.6V 1000mAh (tipe BST-33)
Waktu siaga : rata-rata 4 hari
Waktu bicara : rata-rata 5 jam
Layar : 2,4”, TFT, 320x240 pixel, 262 ribu warna
Memori internal : 120MB
Memori tambahan : Memory Stick Micro (M2) hingga 8GB
Konektivitas antar peranti : Kabel data, Bluetooth
Konektivitas internet : HSDPA, GPRS/EDGE Class 10, WiFi
Kamera : 3,2MP, lampu kilat
Ringtone : Polifonik, MP3, AAC
Phonebook : 2000 entri
Messaging : SMS, MMS, E-mail, IM
Aplikasi : PlayNow, Internet, TrackID, Location services (Google Maps), Games (Bowling, Bubble Town, Guitar Rock Tour, NitroStreet Racing, Sudoku), VideoDJ, PhotoDJ, MusicDJ, Remote control (Presenter, MediaPlayer, Desktop), Record sound, Camera, Media, Radio, Walkman, Alarms, Applications (AccuWeather.com, Comeks Strips, Gmail Checkker, Music Quiz, Rock Bebblehead, Standby World, Walk Mate, World Clock 3D, You Tube), Video call, Calendar, Tasks, Notes, Timer, Stopwatch, Light, Calculator, Code memo
Isi paket : Charger, headset, manual

Sumber : Kompas.com

1 comment:

Blog Widget by LinkWithin