Saturday, July 16, 2011

Berpetualang di Taman Nasional Ujung Kulon

Taman Nasional Ujung Kulon meliputi Wilayah Semenanjung Ujung Kulon, Pulau Panaitan, Pulau Peucang, Pulau Handeuleum, dan Gunung Honje dengan luas 120.551 ha, terdiri dari 76.214 ha darat dan 44.337 ha laut. Taman Nasional Ujung Kulon dibagi dalam 3 wilayah kepengurusan yaitu Wilayah Gunung Honje, Handeuleum dan Panaitan.

Di wilayah Handeuleum terdapat beberapa pulau kecil disekitar Pulau Handeuleum yaitu Handeuleum Tengah, Boboko, Panggarangan, Rengit dan Kalong. Sedangkan diwilayah Panaitan terdapat salah satu peninggalan peradaban Hindu Jawa, yaitu patung Ganesha disekitar Gunung Raksa. Selain sebagai Taman Nasional, wilayah Ujung Kulon juga ditetapkan sebagai “The Natural World Heritage Site” oleh Komisi Warisan Alam Dunia UNESCO pada tahun 1992.

Sebagai habitat Badak Jawa, Ujung Kulon memiliki berbagai keanekaragaman hayati dan satwa liar lainnya seperti Banteng, Babi Hutan, Kijang, Merak, Rangkong dan hewan lainnya terutama berbagai jenis burung. Disekitar Peucang dan Panaitan terdapat juga biota laut berupa formasi karang dan berbagai jenis ikan serta panorama bawah laut. Beberapa pilihan wisata alam yang disediakan untuk bisa menikmati keindahannya antara lain Diving, Snorkeling, Surfing, Fishing, Tracking, Camping, Canoing, Wild Life Viewing, dan Wisata Budaya.




Lokasi Camping Ground Taman Nasional Ujung Kulon telah ditentukan. Menurut Zonasi Taman Nasional berada di Zona Pemanfaataan yaitu di Bumi Perkemahan Padali, Bumi Perkemahan Dungusbalang, Camping Ground Tanjung Lame, Camping Ground Kalejetan, Camping Ground Karang Ranjang, Camping Ground Citelang, Camping Ground Cibom, Camping Ground Tanjung Layar.



Rincian Biaya

Jenis
Biaya
Keterangan
Sewa Kapal
Rp.     2.600.000,-
Kapasitas 20 Orang
Tips Kru Kapal
Rp.         100.000,-
Plus Rokok
Guide
Rp.         300.000,-
Rp. 150.000 / hari
Tiket kapal (Biaya kapal masuk TNUK)
Rp.         100.000,-

Tiket masuk
Rp.             2.500,-
Biaya per orang
Asuransi
Rp.             3.000,-
Biaya per orang
Sewa Cano
Rp.           50.000,-
Biaya per orang
Biaya Camping
Rp.           10.000,-
Biaya per orang
 
Mudah-mudahan artikel ini bisa membantu buat Sobat yang ingin berpetualang ke Ujung Kulon.

0 comments:

Post a Comment

Blog Widget by LinkWithin