Wednesday, December 29, 2010

Modem SmartFren SU-7000U

Memang saat ini kebutuhan internet semakin lama semakin terasa perlu. Apalagi saya pernah merasakan kalau sehari tidak online saja rasanya ada yang kurang. Jadi ngga update dan ngga eksis...
Nah, supaya saya terus update, saya membeli modem wireless SmartFren tipe SU-7000U. Saya membeli modem ini waktu saya berkunjung ke pameran komputer di JCC beberapa waktu yang lalu. Alasan saya membeli modem wireless adalah karena cocok untuk notebook, jadi bisa dibawa kemana-mana. Selain itu modem ini juga bisa digunakan untuk kartu dengan operator CDMA lainnya, jadi cukup flexible.

Memang penawaran sales sangat meyakinkan, karena modem tipe ini sudah support EVDO REV A 3.5G dengan berada di jaringan CDMA Dual Band 800/1900 MHz. Harga dipasaran berkisar Rp. 800rb, tapi disini saya diberikan harga promo hanya sebesar Rp. 599rb ditambah dengan kartu perdana Mobi. Akhirnya setelah beberapa lama menanyakan fitur dan lain-lain saya memutuskan untuk membeli modem ini. Warna yang tersedia untuk tipe ini hanya 2 warna, yaitu Hitam dan Putih. Jadi saya putuskan untuk membeli yang warna hitam.

Besok harinya, setelah melakukan aktivasi kartu dan pengisian ulang, saya mencoba koneksi kartu Mobi. Namun ternyata penerimaan signal tidak terlalu bagus, padahal saya sudah tinggal di kota besar yang dekat sekali dengan Jakarta. Alhasil koneksi internet pun menjadi sangat lambat. Saya tidak mungkin bisa update blog jika koneksinya lambat seperti ini. Saya pun meminta saran dari beberapa teman saya, dan mereka menyarankan untuk mengganti kartu SIM-nya dengan Smart. Akhirnya saya pun mengganti SIM modem saya dengan kartu Smart.

Setelah registrasi dan pengisian pulsa, saya mendaftar dengan menggunakan paket Platinum (support up to 3.1 Mbps) yang harganya diatas 100rb sebulan. Penerimaan signal Smart cukup bagus dirumah saya, bahkan indikator signal EVDO menunjukan 3 dari 4 garis. Namun sayang, koneksi internet yang saya harapkan bisa sangat cepat (mengingat 3.1 Mbps) itu tidak saya dapatkan. Saya sudah beberpa kali menanyakan msalah ini kepada Customer Service, namun hasilnya masih tetap saja sama. Kemudian saya mengunjungi salah satu gerai Smart di kawasan Serpong Tangerang untuk menanyakan masalah hal ini, dan hasilnya cukup mengejutkan.

Pada komputer yang digunakan oleh customer service, kecepatan download cukup cepat bisa mencapai 700 kbps (speed ini yang belum pernah saya dapatkan semenjak percobaan pertama). Setelah melakukan beberapa pengetesan lagi oleh customer service, ternyata dapat disimpulkan bahwa untuk Coverage Area di tempat tinggal saya masih belum mendapatkan signal EVDO yang cukup kuat untuk melakukan internet cepat. Namun mereka berjanji di tahun 2011 nanti akan melakukan perluasan jaringan. Well, karena tidak bisa menunggu selama itu, akhirnya saya putuskan untuk menggunakan 'internet kabel' yang koneksi internetnya lebih stabil. Jadi buat sobat blogger yang ingin membeli Modem wireless, saran saya untuk terlebih dahulu menanyakan tentang coverage area di tempat tinggal sobat.


0 comments:

Post a Comment

Blog Widget by LinkWithin