Monday, July 12, 2010

HP Pavilion MS216D

HP boleh dibilang salah satu vendor yang setia mengeluarkan PC All-in-One (itu lho, PC yang komponennya menyatu dengan layar). Namun ada satu fakta yang menyertai: harganya lumayan mahal.

Contohnya HP Touchsmart IQ500 yang dirilis tahun lalu dan merupakan PC AIO HP pertama di Indonesia, harganya mencapai Rp. 20 jutaan.Karen a itu, merupakan kejutan yang menyenangkan ketika kami kedatangan HP Pavilion MS216D ini. Pasalnya PC ini dibandrol dengan harga cuma US$ 729, atau sekitar Rp. 6,5 juta pada kurs Rp. 9 ribu. Kami menggunakan kata "cuma" karena harga itu tidak saja murah untuk ukuran All-in-One HP, namun juga untuk seluruh PC AIO yang ada di pasaran saat ini. Dalam catatan kami, hanya BenQ nScreen i221 yang bisa menawarkan harga di rentang Rp. 6 jutaan.

Ada beberapa alasan mengapa PC ini murah. Pertama, layarnya bukan merupakan layar sentuh seperti Touchsmart IQ500. Selain itu, prosesornya menggunakan AMD Athlon X2 L325 (1,5GHz), sebuah prosesor entry-level AMD yang awalnya ditujukan untuk menyaingi Intel Atom. Namun bukan berarti performanya bisa dianggap enteng. PC ini memang tidak cocok digunakan untuk aplikasi kelas berat seperti encoding video, namun terasa cukup gegas ketika digunakan untuk kegiatan komputasi standar. Dan jika menilik hasil pengujian, PC ini masih lebih cepat dibanding BenQ nScreen i221.
Desain PC ini terlihat manis dengan sandaran melengkung berwarna keperakan. Meski desainnya terlihat ringkih, ternyata sandaran tersebut cukup kokoh ketika kami hentak cukup keras. Sandaran ini bisa diatur kemiringannya sekitar 35o, namun tidak bisa diatur ketinggiannya.

HP juga mengedepankan kemudahan instalasi sebagai keunggulan PC ini, bahkan katanya hanya butuh satu kabel (alias kabel Power). Namun klaim tersebut tidak sepenuhnya benar. Pasalnya di PC ini tidak tersedia fasilitas Bluetooth, sehingga sehingga mouse dan keyboard-nya masih terhubung menggunakan USB.

Bicara fasilitas, PC ini sebenarnya cukup komplit. Untuk terkoneksi ke jaringan, tersedia fasilitas WiFi dan Ethernet. Sedangkan untuk koneksi ke perangkat lain, tersedia 4 port USB di sisi belakang dan 2 di samping. Tersedia pula fasilitas card reader yang mendukung 5 jenis kartu memori, kamera webcam, dan DVD Writer.

Layarnya sendiri memiliki ukuran 18,5 inci dengan resolusi 1366x768 pixel. Ketika kami coba memutar video, kualitas gambar terlihat tajam dan kaya warna. Bahkan ketika kami maksimalkan brightness ke tingkat tertinggi, layar tersebut bisa menandingi ruangan kantor yang cukup terang. Kami juga puas dengan kualitas speakernya yang mampu menghasilkan suara yang nyaring dan memiliki daya bass yang cukup dalam. Jadi jika Anda berniat menikmati film favorit, PC ini dapat menyajikannya dengan sempurna.

***

Berkat harga yang kompetitif, HP Pavilion MS216D menjadi pilihan menarik bagi Anda yang mencari PC All-in-One. Soal performa memang biasa saja, namun PC sejenis ini memang lebih ditujukan untuk mereka yang mengedepankan fungsionalitas. Ditambah desain yang elegan, PC ini cocok menghias ruang keluarga Anda. (Wisnu Nugroho)

Hasil Pengujian

Karena menggunakan prosesor kelas entry-level, performa HP Pavilion MS216D memang tidak istimewa. Meski begitu, performanya masih lebih baik jika dibanding BenQ nScreen i221. Selain itu, performa grafisnya juga bagus berkat penggunaan chipset AMD Mobile 780G.

HP Pavilion MS216D
Prosesor
AMD Athlon X2 3250e (1,5GHz, L2 cache 1MB)
RAM
2GB, DDR2-800
Chipset
AMD m780G
Kartu grafis
ATI Radeon HD 3200 (onboard)
Harddisk
320 GB Serial ATA-II/300, 7200 RPM, Cache 8 MB
Optical drive
DVD Writer
Fasilitas
WiFi, LAN, USB 2.0 (4 buah), Card reader, USB keyboard, USB mouse
Layar/Monitor
18,5 inci, 1366x768 pixel
Kartu suara
Realtek ALC269
Sistem operasi
Windows 7 Home Basic
Dimensi
46,9 x 37,9 x 19,9 cm
Bobot
 6,5 kg
Garansi
 1 tahun
Situs web
  http://www.hp.co.id
Harga kisaran*
$ 729

info dari Info Komputer

0 comments:

Post a Comment

Blog Widget by LinkWithin