Saturday, May 9, 2009

Nexian NX-C990, CDMA Cantik Bersuara Nyaring

Bentuk fisik Nexian NX-C990 sama persis dengan NX-G990; luar maupun dalamnya. Agaknya cara paling mudah untuk membedakan keduanya hanyalah dengan membaca keterangan seri yang tercantum di dasar slot batere. Atau, mencoba pasang UIM card di slotnya, lalu nyalakan ponsel.

Ketika NX-C9900 menyala, di sisi bawah layar sentuh berderet 5 icon: Menu, SMS, Net, MP3 dan Contacts; agak berbeda dengan NX-G990 yang hanya 4 icon: Menu, Messages, Phonebook dan MP3.

Selain sebagai pengarah menu, navigasi 4-arah juga menjadi pintasan. Secara default, navigasi atas NX-C990 membuka Calendar, bawah ke Calculator, kiri ke menu utama, dan kanan ke Phone Book; sedikit beda dengan NX-G990 yang secara default navigasi atas membuka Recent Using, bawah ke User Profiles, kiri ke Image, dan kanan ke Video Player.

Sekadar mengingatkan, NX-C990 tidak memiliki keypad. Yang kita temukan di bawah layar sentuh hanya tombol Call (sekaligus tombol pengunci layar), navigasi 4-arah dan tombol End call (sekaligus tombol On-Off).

Tombol pengunci layar diperlukan untuk menghindarkan pencetan tak sengaja pada layar. Cara penguncian layar memang agak beda dengan biasanya, yaitu dengan pencet-tahan tombol Call. Untuk membuka lagi kuncinya, tekan-geser slider virtual di layar.

Karena tidak ada keypad, kita hanya bisa mengandalkan keypad virtual untuk bertelepon. Caranya terbilang unik : Ketuk saja sebarang tempat di bagian tengah layar sentuh untuk memunculkan keypad virtual. Selanjutnya tinggal "pencet" nomor yang dituju, lalu "pencet" icon Call atau pencet tombol Call seperti biasa.

Seperti halnya NX-G990, pintasan MP3 di bar permanen di sisi bawah layar membuat kami menganggap NX-C990 menawarkan fasilitas musik. Setting-nya terbilang lengkap; termasuk opsi Byplay dengan opsi Single atau Catalog yang belum pernah kami lihat di player lainnya.

Speaker tambahan ada di belakang bodi, di kiri kamera. Suara yang dihasilkan cukup nyaring dan jernih. Karena tidak tersedia tombol volume, kita harus mengandalkan icon volume yang ditampilkan dalam layar. Ini berlaku di semua aplikasi yang memerlukan kontrol suara. Sebagai
alternatif, ada jack headset 2,5mm di kiri bodi.

Yang lebih menarik bagi Sinyal adalah pintasan Net yang menuju Browser dan Email. Setting operator sudah dimasukkan. Namun harus kita aktifkan secara manual.

Kamera 2MP tak bertemankan apa-apa; tak ada lampu, tak ada cermin. Tombol berbentuk garis tipis yang ada di kanan bodi merupakan tombol kamera. Memencet-tahan tombol ini akan otomatis membuka Camera.

Kamera bisa memotret foto sampai resolusi 1200x1600. Sementara di Video Recorder tak terlihat setting resolusi perekaman video; hanya ada Time Limit yang maksimalnya No Limit.

Setting untuk Camera maupun Video Recorder terasa standar. Dibanding NX-G990, opsi Effect Settings di NX-C990 untuk Camera maupun Video Recorder sangat sedikit. Tapi pada Camera, ada Photo Frame yang banyak dan fitur Series - setara dengan Burst, yaitu pengambilan beberapa foto sekaligus dengan sekali jepret.

Slot MicroSD ada di balik batere; tepatnya di sisi kanan, di bawah slot SIMcard. Port USB mini akan kita temukan di kanan atas bodi; ada penutupnya. Ketika terkoneksi ke PC via kabel data, muncul opsi USB Management dan USB Modem. USB Management itu setara dengan Mass
Storage.

Perhatikan, ketika memilih USB Management, ponsel otomatis mati dan restart sebagai disk. PC akan membaca 2 drive; satu dari memori internal dan satu dari kartu memori.

Spesifikasi: Nexian NX-C990
Harga : Rp.2.222.000
Jaringan : CDMA 2000-1X, 800 Mhz
Bentuk : Bar
Dimensi : 105x53x13 mm
Batere : Li-ion 3,7V 880mAh
Waktu siaga : rata-rata 4 hari
Waktu bicara : rata-rata 4 jam
Layar : 2,5”, TFT, 262 ribu warna
Memori internal : 75M
Memori tambahan : MicroSD
Konektivitas antar peranti : USB mini, Bluetooth
Konektivitas internet : CDMA
Kamera : 2MP
Ringtone : Polifonik
Phonebook : 1000 entri
Messaging : SMS (1000 entri), Chat
Aplikasi : Picture Viewer, Photo Viewer, eBook, Alarm, Schedule,
Conversion, Calendar, Calculator, Browser, Email, MP4, MP3, Camera, Java, Paint, Games (Puzzle, Five Balls, Traditional Chess)
Isi paket : Charger, headset, kabel data, manual

Sumber : Kompas.com

0 comments:

Post a Comment

Blog Widget by LinkWithin