Saturday, April 25, 2009

BenQ Joybook Lite U101, Netbook Bandel

Terbatasnya dimensi netbook membuat produk ini jadi sulit dikembangkan lagi fitur-fiturnya, hal ini mudah dilihat pada keterbatasan koneksi input-output pada netbook. Nyaris semua netbook mengalami keterbatasan input-output ini sehingga InfoKomputer kesulitan menonjolkan karakter masing-masing produk, apalagi spesifikasi komponen setali tiga uang.

Namun sebagian pemain netbook agaknya mencoba keluar dari pakem standar. Jika sulit mengubah spesifikasi hardware (seperti prosesor, RAM, harddisk, atau input-ouput), maka peningkatan daya tahan dan tampilan luar (finishing) mestinya jadi langkah yang jitu. Inilah yang dilakukan BenQ lewat besutan netbooknya, Joybook Lite U101.

Joybook Lite U101 yang diperkenalkan akhir tahun lalu ini sepintas memamng seperti netbook umumnya, berukuran kecil dan menawarkan input-output yang terbatas. Namun BenQ melakukan pendekatan unik: layarnya dibuat dalam ukuran 10,1” berasio 16:9 yang membuat resolusi layar maksimal menjadi 1024x576 pixel, sedikit lebih gepeng, yang menurut BenQ lebih ideal untuk nonton film. Agak lucu juga karena fungsi netbook mestinya tidak diposisikan untuk tontonan multimedia bukan?

Untuk menghilangkan kesan ringkih pada netbooknya, BenQ mendesain struktur rangka U101 sedemikian rupa sehingga sanggup menahan beban hingga 50kg. Netbook diklaim tidak akan rusak meski jatuh dari ketinggian nyaris 1 meter ketika sedang menyala. Hebat bukan?

Agar bagian layar dan sekitar keyboard tak lecet ditempatkan bola-bola bantalan dari karet yang berfungsi menahan beban sekaligus mencegah gesekan cover dengan tubuh utama netbook. Yang juga menarik, bagian penutup/cover yang tampil dalam icon karakter emosi faceplate dilapis bahan IMR agar tahan terhadap goresan. Inilah salah satu netbook yang dirancang dengan mengedepankan ketangguhan fisik.

Ditilik dari spesifikasinya, Joybook Lite U101 tidak jauh berbeda di antara kompetitornya seperti penggunaan Intel Atom N270 dan memori DDR2 yang hanya 512MB. Kapasitas memori yang terbatas ini membuat sesi uji grafis lewat 3DMark2006 tak bisa berjalan mulus. U101 varian LE04 memang hanya memakai memori DDR2 standar 512MB saja, tetapi pembelian unit ini nantinya mendapatkan upgrade memori gratis menjadi 1GB. Model yang InfoKomputer coba sudah menyediakan slot SIM untuk konektivitas Internet/data via modem internal HSUPA 3,75G, tetapi modul modemnya belum terpasang, alias masih opsional.

Selain mengandalkan daya tahan, Joybook Lite U101 memiliki beberapa kelebihan lain. Ini misalnya displai dengan latar LED yang memberikan kualitas pandang yang jernih dengan kecepatan displai sampai 8milidetik agar lebih nyaman di mata. Kenyamanan bagi pengguna juga bertambah berkat diperbesarnya tuts keyboard mencapai 90% ukuran keyboard desktop konvensional - cara serupa juga dilakukan oleh pabrikan lain agar pengguna tidak cepat lelah mengetik dengan netbook yang dimensinya memang terbilang lebih sempit.

Danny HC Yao, Vice President BenQ untuk wilayah Asia-Pasifik menyatakan bahwa Joybook Lite U101 dibuat dengan sentuhan yang unik untuk dapat tampil beda dibandingkan produk sejenis, untuk itu U101 tak melulu mengandalkan spesifikasi hardware yang diusungnya. Dapur pacu U101 sendiri memang memakai prosesor Intel Atom N270, memori DDR2 1GB, dan harddisk 160GB serta fasilitas koneksi secara Wireless dan LAN ethernet. Pilihan yang lebih lengkap juga menawarkan koneksi Bluetooth 2.0 dan modem internal HSUPA 3,75G. Untuk pasar Indonesia, Joybook Lite U101 akan tersedia dalam pilihan dengan sistem operasi Windows XP Home seharga US$ 579 atau Linux seharga US$ 479. Model dengan Linux akan memiliki antarmuka grafis (GUI) personal yang menarik sehingga mudah digunakan.

Spesifikasi BENQ JOYBOOK LITE U101-LE04
Prosesor: Intel Atom N270 (1,6GHz, 512KB cache, FSB 533MHz)
RAM: 512MB, DDR2 667MHz
Chipset: Intel 945GME
Kartu Grafis: Intel GMA 945
Harddisk: 120GB SATA
Optical drive: Tidak ada
Fasilitas: Wi-Fi, LAN, 4-in-1card reader, 3 USB, Webcam 1,3MP, VGA-out.
Layar: 10,1”, resolusi 1024x576 pixel
Kartu suara: Realtek ALC269, HD audio
Sistem Operasi: Linux Lite
Batere: 2400mAh
Dimensi: 25,8x18,9x(2,8-3,4) cm
Bobot: 1,14kg
Garansi: 1 tahun
Situs Web: www.benq.com
Harga kisaran*: US$ 449

Sumber : Kompas.com

0 comments:

Post a Comment

Blog Widget by LinkWithin