Saturday, April 2, 2011

Paket Speedy

Wah, sudah lama sekali saya tidak update blog, disamping kesibukan yang lumayan padat, koneksi internet juga salah satu penyebabnya. Saya juga minta maaf kepada Sobat Blogger yang belum sempat saya balas kunjungannya. Kali ini saya akan menulis tentang pengalaman pribadi saya menggunakan layanan internet Speedy. Mungkin banyak dari Sobat Blogger yang juga menggunakan layanan ini. Dengan artikel ini saya tidak bermaksud promosi apalagi menjelek-jelekan, saya hanya ingin berbagi pengalaman dan juga penjelasan bagi para sobat yang belum jelas dengan paket ini.

Ada beberapa paket pada Speedy Unlimited*, diantaranya adalah Socialia, Load, Familia, Executive, Biz, yang tentunya juga berbeda harga serta kecepatan. Awalnya saya menggunakan paket promo Load selama 3 bulan (speed 512 kbps) dengan harga 195rb + ppn (normal 295rb). Bisa dibilang speed pada paket ini cukup untuk memenuhi kebutuhan internet saya. Maklum saya ini penggemar manga dan sering download manga episode. Namun kendala muncul hampir setiap minggu ketiga tiap bulannya, yaitu speed internet saya menjadi sangat lambat. Boro-boro mau blogwalking, untuk buka blog sendiri saja susah. Saya pernah coba untuk download, dan ternyata hanya mendapatkan speed download 3 kbps. Akhirnya saya melaporkan masalah ini kepada pihak Speedy. Setelah dicek oleh pihak Speedy, ternyata pemakaian saya telah melebihi kuota yang ditentukan.

Awalnya saya bingung, koq bisa paket unlimited bisa melebihi kuota? Ternyata paket Speedy Unlimited (pakai tanda bintang) ada yang menggunakan sistem kuota menurun. Maksudnya adalah untuk paket Socialia dan Load, setelah pemakaian lebih dari 3GB, maka speed akan turun menjadi 128 kbps, kemudian pada bulan berikutnya speed akan kembali normal. Tetapi untuk paket Familia ke atas, itu semua benar-benar Unlimited alias tanpa kuota. Akhirnya setelah masa promo 3 bulan saya selesai, saya menghubungi Speedy untuk 'turun paket' ke Socialia, namun sayang, untuk pelayanan turun paket ini harus datang ke Plasa Telkom, sedangkan jika mau 'Naik Paket' bisa langsung lewat call center. (Hhmm, menurut saya ini agak aneh, tapi apa mau dikata, namanya juga prosedur).

Saya mendatangi Plasa Telkom, dan memang untuk proses turun paket ini harus menandatangani kontrak kerja baru diatas materai (mungkin ini salah satu alasannya), 'untungnya' saya dapat promo paket lagi, jadi sampai akhir Desember 2011 saya hanya dikenakan biaya Rp. 125rb untuk paket Socialia ini (normal Rp. 195rb). Sedangkan untuk modem sendiri tetap dapat menggunakan modem yang lama (status modem ini dipinjamkan, tapi apabila kita telah berlangganan lebih dari 6 bulan, maka modem ini akan menjadi hak milik). Well, saya rasa ini oke juga, walaupun speed lebih lambat, tapi kuota sama dan harga lebih murah dari paket Load. Andaikan saja paket Load itu kuotanya 2 kali lipat dari sekarang, mungkin saya akan tetap bertahan di paket ini (soalnya setelah saya cek rata-rata pemakaian saya tiap bulan itu 5 - 6 GB).


Memang dibanding paket internet dari provider lain, Speedy ini masih lebih mahal (menurut saya), soalnya teman saya hanya dikenakan sekitar Rp. 235rb perbulan untuk speed 1Gbps dan benar-benar full unlimited (tanpa kuota). Saya sempat tertarik dengan provider ini, namun sayang, provider ini belum menjangkau daerah rumah saya, sedangkan untuk Wireless (CDMA) di tempat saya sinyal-nya tidak stabil. Jadi tidak ada pilihan lain selain Speedy, yang memang keunggulannya adalah Jangkauannya yang luas (karena menggunakan jaringan dari kabel telepon di rumah), jadi lebih mudah untuk instlasi. Oh iya, buat para sobat yang menggunakan layanan Speedy ini, dan ingin mengetahui sisa Kuota sobat tanpa harus login ke website speedy, dapat cek di http://infousage.telkomspeedy.com/dev/ci/info/usage_bar_new/xxxxxxxxxxxx (huruf 'x' diganti dengan 12 digit nomor speedy sobat).
Mudah-mudahan info ini bermanfaat bagi sobat semua.

8 comments:

  1. Saya pake paket yang 195rb,,speed nya ga stabil sob,,kadang cepet, kadang lambat, yg lebih parah lg kadang juga mati ( tdk cepat & tdk lambat alias no connect )

    ReplyDelete
  2. Nice info..
    thankyou..
    Saya juga pakek speddy.. :D
    keep smile.

    ReplyDelete
  3. thanks bwt komen-nya sob... :)
    skarang jg mulai terasa setelah pindah paket, speed jd lbh lambat...
    mudah2an aja besok2 speedy bisa lebih bagik lagi & lebih murah lagi...

    ReplyDelete
  4. yg cdma apaan tuh ,. mo tau donk ?

    ReplyDelete
  5. @Muzukashi : yang cdma itu Smart sob...
    sudah lama sudah tidak saya coba.
    sekarang saya lagi daftar Fastnet, soalnya jaringannya dah sampe sini... :)

    ReplyDelete
  6. hmm, ngalamin hal yg sama nih, lagi lemot gr2 over quota. speednya balik normal lagi kapan sih biasanya?
    trus boleh tau ga yg 235rb speed 1Gbps itu pake apa? mau dnk.. thanks :)

    ReplyDelete
  7. @Anonymous (lupa kasih nama ya..?) ^^
    Kuota biasanya balik setiap awal bulan, jadi speed bakal jadi normal lagi.
    Klo yang 1Gbps itu bake Fastnet dari First Media, jariangannya masih terbatas, baru di wilayah Jakarta, Tangerang dan Surabaya (setahu saya).

    ReplyDelete

Blog Widget by LinkWithin