Friday, January 28, 2011

SDK Awal untuk Android 3.0 (Honeycomb) Dirilis

Janji Google untuk menghadirkan Android 3.0 (Honeycomb) kini terealisasi setelah SDK (Software Developer Kit) versi pertama untuk sistem operasi tablet ini dimunculkan.
SDK ini ditujukan bagi pengembang software supaya mereka bisa menguji sejauh mana aplikasi yang mereka ciptakan tampil dan berjalan di sistem operasi Android 3.0.

Pada intinya, Honeycomb akan memaksimalkan kemampuan prosesor dan memori pada perangkat PC tablet, bukan smartphone seperti seri-seri sebelumnya. Tujuannya supaya sistem tampil lebih maksimal untuk menjalankan aplikasi sekaligus menampilkan feature lebih lengkap.

Keuntungan maksimal di "sarang madu" sendiri tampaknya akan didapat pada tablet dengan ukuran layar yang lebih besar dibandingkan smartphone dengan layar kurang dari 4 inci.

Halaman depan/muka Honeycomb akan terlihat lebih segar dan selalu memunculkan menu di bagian bawah layar yang berisi notifikasi, status sistem, serta navigasi di layar selain tampilan jam, mode redup, dan lainnya. Tampilan keyboard virtual juga akan lebih bersahabat dan lebih lengkap dengan meniru tampilan papan ketik notebook/laptop.
Bila di Android sebelumnya agak sulit mengetahui aplikasi apa saja yang tengah dijalankan (Recent Apps), di Honeycomb status aplikasi tersebut akan ditampilkan lebih jelas melalui tool di system bar yang selalu terlihat tanpa perlu masuk ke menu.

Efek grafis 3D di Honeycomb juga akan muncul lebih mulus sehingga game atau aplikasi grafis dapat terlihat lebih menarik. Kelebihan grafis ini juga menguntungkan Widget yang akan tampil lebih interaktif plus fungsi lebih beragam alias tak hanya pasif menunggu informasi dari penguna. Anda pun dapat menggulung layar secara 3D untuk menyusun konten, termasuk navigasi, dengan lebih menyenangkan.

Android 3.0 juga mencakup kamera, galeri, kontak, email, dan aplikasi web browser yang didesain ulang agar lebih intuitif namun tetap nyaman aksesnya.

Satu hal penting lainnya adalah perubahan adaptasi di Honeycomb yang dikatakan memunculkan dukungan untuk prosesor ganda mengingat teknologi CPU mobile kini juga mengarah ke banyak inti.

Dengan berbagai kelebihan tersebut, tampaknya Honeycomb kali ini menjadi lawan yang cukup berat bagi iOS 4.3 yang diusung Apple. Well, kita tunggu saja perkembangannya!

info dari Info Komputer

0 comments:

Post a Comment

Blog Widget by LinkWithin