Sunday, January 16, 2011

Bebas Visa ke Luar Negeri

Pergi ke luar negeri tanpa visa, bisakah ? Untuk warga negara Indonesia, tentu saja hal itu mungkin, tapi jangan salah, tidak untuk ke semua negara, hanya ke sesama negara-negara di ASEAN. Kalau tidak salah, itu pun hanya kunjungan wisata atau waktu kunjungan tidak lebih dari 30 hari. Jika Anda ingin tinggal lebih dari itu, maka tentu saja Anda harus membuat visa. Namun, bukan ini maksud saya menulis artikel ini. Soalnya ada beberapa teman saya yang tinggal di negara lain yang negaranya mendapatkan Bebas Visa jika berkunjung ke negara Eropa.

Tentu saja hal ini bikin saya iri, soalnya biasanya untuk warga negara Indo, megurus visa ke negara eropa itu cukup sulit apalagi ke Amerika, itu lebih sulit lagi. Soalnya beberapa waktu lalu, ada teman saya yang visanya di tolak ketika ia ingin mengunjungi negara paman Sam. Saya pun demikian, ketika diundang untuk mengunjungi salah satu negara eropa, saya harus repot-repot mengurus visa saya, mulai dari asuransi perjalanan, dokumen perjalanan, hingga administrasi lainnya. Beda dengan teman saya yang berasal dari Malaysia, karena dia juga mendapat undangan yang sama, maka saya 'iseng' menanyakan hal-hal apa saja yang diperlukan untuk pembuatan visa di Malaysia. Ternyata jawabannya cukup membuat saya 'shock'.
'Saya tak perlu buat visa, karena negara saya visa free buat ke sana', begitulah jawaban dari teman saya ini. Ternyata Malaysia sudah dipercaya oleh negara-negara eropa yang menerima visa Schengen (yang terdiri dari 25 negara eropa, ini mirip dengan ASEAN kalau disini).
Wah, luar biasa sekali negara negara tersebut, (maaf, saya bukan bermaksud menyanjung negara tersebut dan menjelekan negara sendiri) tapi saya heran, kok bisa negara yang terletak di wilayah yang sama bisa dapat perlakukan yang berbeda dengan negara lain. Teman saya yang berada di Cina juga menceritakan hal yang sama terhadap saya. Bahwa negaranya akan bisa untuk visa free di tahun 2011 ini.

Mendengar hal ini, saya jadi bertanya-tanya. Kapan ya Indonesia bisa menjadi seperti ini ? Apalagi bisa sampai visa free ke USA. Mungkin hal ini kembali kepada kesadaran warga negara Indo sendiri, dan juga stabilitas politik, ekonomi dan keamanan dari negeri kita ini. Bagi para sobat blogger yang sudah pernah / sering ke luar negeri mungkin mengalami hal yang sama dimana biasanya turis dari Indo dapat perlakukan yang 'berbeda'. Mudah-mudahan saja, kedepannya nanti negara kita ini semakin mendapatkan kepercayaan dari negara lain. Sebagai penutup, saya jadi ingat perkataan seorang Filsuf yang Bijaksana, intinya seperti ini: Untuk merubah suatu negara itu harus dimulai dari diri sendiri. Dengan diri sendiri yang terbina, dapat merubah keluarga. Dengan keluarga yang terbina dapat menginspirasi masyarakat sekitar dan dengan masyarakat yang terbina baik dapat merubah suatu negara menjadi negara yang baik, tertib dan teratur.

3 comments:

  1. kalau kondisi negara kita kayak2 gini aja, jangan heran kalo ga bisa kayak malaysia..
    tapi, kita tetap berharap, pemerintah indonesia semakin membaik..

    ReplyDelete
  2. Yup, saya setuju... mudah2an aja keadaan negara kita ini semakin membaik... :)

    ReplyDelete
  3. kita berdoa saja untuk negara kita supaya tentram

    ReplyDelete

Blog Widget by LinkWithin