Wednesday, September 15, 2010

Nokia E7, Ujung Tombak Symbian^3

Wah, dah lama ga update, pas giliran update dapet artikelnya tentang Nokia lagi. Ini bukan berarti saya promosi atau pecinta Nokia, tapi hanya kebetulan saja...
Nokia menyambut kuartal terakhir 2010 dengan persembahan empat produk terbaru. Salah satu di antaranya Nokia E7, tipe terbaru dari seri Communicator andalan mereka.
Peluncuran Nokia E7 dilakukan dalam gelaran akbar, Nokia World 2010, pagi ini waktu London (14/9). Menurut Niklas Savander (Executive Vice President, Nokia), sekitar 3000 orang dari seluruh dunia menghadiri pada acara tersebut. Mereka meliputi pihak operator, analis, jurnalis, dan blogger.

Seri ponsel cerdas Communicator memang ditujukan Nokia bagi konsumen kelas pebisnis dan profesional. Tidak terkecuali Nokia E7. Hal ini terlihat dari dukungannya terhadap berbagai aplikasi bisnis, seperti Microsoft Exchange ActiveSync, Mail for Exchange, Microsoft Communicator Mobile, dan Microsoft SharePoint Server.

Jika dilihat sepintas, Nokia E7 tidak terlihat seperti ponsel Communicator. Soalnya, wujud E7 tidak terlihat kaku berkat kurva di keempat sudutnya. Layar sentuh 4 inci pun menghiasi permukaan. Namun, di baliknya, ternyata tersimpan keyboard Full-QWERTY. Tinggal geser untuk menampilkan papan ketik ini.

Fasilitas lain yang dimiliki Nokia E7 adalah kamera 8MP disertai kemampuan merekam video HD (720p).
Berbicara soal kamera, pada acara ini, Nokia juga meluncurkan Nokia N8. Ponsel kamera ini telah dinanti-nanti sejak informasi berhembus April lalu. Tidak mengherankan karena N8 mempunyai kamera 12MP dengan lensa Carl-Zeiss dan lampu kilat Xenon. N8 pun mampu merekam video berkualitas HD.

Dua ponsel lain yang diperkenalkan di Nokia World kali ini yaitu Nokia C6-01 dan C7. Keduanya bersenjatakan layar sentuh AMOLED sekitar 3 inci dan kamera 8MP.

Seluruh produk terbaru Nokia di atas akan berjalan di atas Symbian^3. Ini merupakan debut dari versi terbaru platform andalan vendor Finlandia tersebut. "Jika bicara soal ponsel cerdas, Symbian masih bertahan sebagai platform nomor satu di dunia," ujar Savander.

Faktanya, berdasarkan statistik Gartner, Nokia dan Symbian memang masih menguasai pangsa pasar untuk Q2 2010. Tapi, persentasenya kian menurun dibandingkan tiga pesaing, BlackBerry, iPhone OS, dan Android. Kelahiran Symbian^3 sepertinya dipercaya bisa mengembalikan tren positif platform ini. "Nokia is back!" demikian Savander menutup pidatonya.

info dari Info Komputer

0 comments:

Post a Comment

Blog Widget by LinkWithin