Saturday, April 10, 2010

Nokia N97 Mini

Tercermin dari namanya, Nokia N97 Mini adalah versi lebih kecil dari N97 yang lebih dulu hadir. Karena itu, semua yang ada di N97 Mini lebih kecil di banding N97, seperti bobot (138 gram vs 150 gram), layer (3,2 inci vs 3,5 inci), maupun kapasitas memori internal (8GB vs 32GB). Nokia Mini juga tidak dilegkapi tombol navigasi khusus dan cover lensa kamera. Namun di luar perbedaan tersebut, N97 Mini praktis sama seperti versi besarnya, menjadikan perangkat ini “kecil-kecil cabe rawit” karena serba bias.

Dibanding pendahulunya, secara default, homescreen N97 mini memajang banyak widget dari aplikasi popular, seperti Facebook, Yahoo Mail atau GMail. Tentu saja Nokia tak lupa menyisipkan widgetnya sendiri; antara lain Ovi Store, Ovi Maps, dan Ovi Mail.

N97 mini memang membawa cukup banyak aplikasi pra-instal. Untuk jejaring sosial, misalnya, kami catat ada YouTube, Facebook, Friendster, Hi5 dan Myspace. Nah, andai kata Anda lebih “doyan” Friendster atau YouTube, Anda bias mengatur ulang widget yang ada di homescreen tadi dengan aplikasi favorit.


Kami juga temukan Drawing untuk menggambar dan JoikuSpot yang bias mangatur sharing akses internet lewat WiFi dengan perangkat lain. Sayang, JoikuSpot ini harus dibeli dulu. Selain itu ada Qik, Boingo, Traveler, AccuWeather, Amazon, AP News, Bloomerg, CNN Video, Elle, ESPN Soccernet, Slideshow, dan Vingo. Menurut kami, akan lebih menarik seandainya Nokia Indonesia memasukkan pula widget local.

Sebagai perangkat gamer, ada satu hal yang kami sayangkan; tak ada satu pun game pra-instal di ponsel ini. Memang Ovi Store menyediakan banyak trial game maupun gratis yang bias di download. Tapi bagi kami rasanya lebih “maknyus” kalau sudah ada satu atau dua game popular yang bias langsung dimainkan tanpa harus di-download lebih dulu.

Melihat begitu banyaknya yang membutuhkan koneksi internet, fasilitas pengakses internet menjadi kebutuhan utama. Tidak heran jika N97 mini dilengkapi dengan dukungan koneksi GPRS sampai 3,5G. Lalu masih ada lagi koneksi via WiFi. N97 mini sudah dilengkapi GPS receiver. Ada Ovi Maps 3.0, tapi sepertinya kita harus membayar lagi bila ingin mendapatkan feature lain seperti navigasi yang dipandu suara. Tentu saja kita bebas memakai aplikasi peta lainnya, misalnya google Maps, di ponsel ini. Sedangkan untuk transfer data, tersedia USB mikro dan Bluetooth (yang juga sudah mendukung modus A2DP).

Tampang N97 mini memang sepintas mirip N97. Namun bila ditengok lebih cermat sebetulnya cukup banyak perubahan pada desain. Namun tombol-tombol pokok masih bertahan; antara lain tombol menu, tombol pengunci layar, dan tombol kamera. Layar tentu saja masih mengandalkan layar sentuh resistif. Menurut kami, layar N97 mini lebih sensitive dibandingkan pendahulunya. Tapi bias jadi karena N97 mini menggunakan versi Firmware yang lebih baru.

Spesifikasi Nokia N97 Mini

Jaringan

WCDMA/HSDPA (900/1900/2100 MHz), GSM (850/900/1800/1900 MHz), GPRS/EDGE (Class 32), WLAN (802.11b/g), A-GPS

Layar

Bar

3.2 inci, TFT, 640x360 pixel, 16 juta warna resistive touchscreen

Sistem operasi

Symbian S60 Release 5

Memori internal

8 GB

Memori tambahan

MicroSD up to 16 GB

Kamera

5MP, flash, autofocus

Koneksi antar piranti

USB mikro, Bluetooth, WiFi

Koneksi internet

GPRS, EDGE, 3,5G, WLAN

Baterai

Li-Ion 3,7V 1200 mAh

Waktu bicara

rata-rata 320 jam (2G)/310 jam (3G)

Waktu siaga

rata-rata 430 menit (2G)/360 menit (3G)

Dimensi

113 x 53 x 14 mm

Bobot

138 gram

Aplikasi penting

Office (Dictionary, Quickoffice, Converter, Zip, Calculator, Active notes, Adobe PDF), Location, YouTube, ESPN soccernet, Facebook, Friendster, Hi5, MySpace

Situs Web

www.nokia.com

Harga

Rp5.600.000



Sumber : Info Komputer

0 comments:

Post a Comment

Blog Widget by LinkWithin