Saturday, April 24, 2010

Mafia Wars on Facebook (1)

Mulanya saya tidak begitu tertarik dengan yang namanya Facebook, soalnya Friendster saya aja dah jarang banget saya buka.
Tapi akhirnya saya bikin juga dech September kemaren, itu juga karena 'keadaan memaksa'.
Soalnya semua temen-temen saya punya account FB, cuma saya yang ngga, jadi takut 'dikucilkan'... :)

Truz ada teman yang invite saya buat main Mafia Wars. Awalnya saya tidak begitu ngerti cara mainnya.
Saya tanya yang lain, mereka juga sama, malah ada yang tidak me-respon.
Ya akhirnya saya coba-coba sendiri aja, eh... ga taunya jadi kecanduan sampe sekarang... :D

Bermain Mafia Wars (MW) di Facebook tidaklah begitu susah, buktinya sekarang saya sudah melewati level 450,
dan sudah di Promote sebagai Top Mafia oleh lebih dari 15 teman saya... :))
Ketika Anda pertama kali main, biasanya Anda harus memilih salah satu dari 3 karakter yang tersedia, yaitu :


Maniac : waktu untuk Energy Refill lebih cepat (hanya 3 menit, karakter lain adalah 5 menit). Ini karakter yang saya pilih... :)
Mogul : mendapatkan bonus uang lebih banyak, jadi bisa cepet kaya (banyak pemain memilih karakter ini).
Fearless : waktu untuk pemulihan Health lebih cepat. Tipe ini buat yang sering Fight. Cukup jarang yang memilih karakter ini.

Setiap karakter memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Jika Anda bermain, pastikan mempunyai Mafia Family dengan ketiga karakter tersebut.
Mafia Family adalah teman di Facebook yang ikut bermain Mafia Wars. Semakin banyak Mafia Family, maka akan semakin besar 'kekuatan' Anda di MW.

Awalnya Anda diberikan Health = 100, Energy = 10, Stamina = 10 ditambah Attack Skill = 10, Defense Skill = 10.
Jika bingung, saya akan jelaskan satu persatu...

Health adalah 'darah' Anda (yang sering main game Fighting pasti tau). Health ini akan berkurang setiap kali Anda Fight (menyerang) mafia lain (yang bukan teman Anda),
atau ketika Anda diserang oleh Mafia lain. Pastikan jangan sampai Health Anda = 0, karena jika sampai Nol, maka Experience Point Anda akan dikurangi 6 point.
Namun untuk mengisi Health bisa dibilang mudah, cukup klik Hospital dan membayar sesuai harga yang tertera.

Energy dibutuhkan untuk melaksanakan 'Jobs'. Setiap Job memerlukan Energy yang berbeda-beda. Payout dari Job ini adalah Experience Point + Uang, kadang2 kita juga bisa mendapatkan item2 bagus dari Job ini.
Untuk melakukan Job, diperlukan juga senjata / barang khusus lainnya (tergantung jenis job). Senjata dapat dibeli di menu Inventory.

Stamina dibutuhkan untuk Fight. 1 stamina untuk 1 kali fight.

Attack Skill : adalah nilai dari kemampuan mafia Anda untuk menyerang. Semakin besar nilainya semakin besar kemungkinan Anda menang Fight.

Defense Skill : adalah nilai dari kemampuan mafia Anda untuk bertahan / menangkis serangan. Semakin besar nilainya semakin besar pula kemungkinan Anda menang jika diserang oleh Mafia lain.

Experience Point : adalah point yang Anda dapat setiap Anda melakukan Job atau menang Fight. Experience Point ini dibutuhkan untuk Naik Level.

Skill Point : adalah point yang bisa Anda gunakan untuk menambah Skill Mafia Anda (Health, Energy, Stamina, Attack Skill, Defense Skill).
Biasanya setiap anda menyelesaikan 1 job sampai 100% maka Anda akan mendapatkan 1 Skill Point, dan setiap Anda Level Up maka akan mendapatkan 5 Skill Point.
Jadi Anda harus memilah-milah, Skill Point yang Anda dapatkan ini akan digunakan ke mana.
Saran dari saya, untuk level awal, perbanyaklah Energy, baru kemudian bagi rata dengan yang lainnya.
Jika sudah level menengah (level 100 keatas) perkuatlah Attak & Defense Skill Anda.
Tapi sekali lagi semua terserah Anda.

Pertama kali Anda akan berada di Stage New York, jika sudah mencapai level tertentu, maka jobs selanjutnya akan terbuka otomatis.
Stage-stage yang lain adalah Cuba, Moscow dan Bangkok.
untuk Los Angeles & Paris masih comming soon.

JIka Anda sudah mencapai level 8, maka Anda dapat mem-Promote 6 orang teman Anda sebagai Top Mafia.
Cara mem-promote adalah, masuk ke menu My Mafia, trus pilih tab My Mafia, dan carilah teman mafia Anda yang sesuai dengan kriteria.
Jika bingung Anda bisa klik icon tanda tanya pada pilihan Top Mafia.
Top Mafia bisanya akan mendapatkan notifikasi setiap kali Anda perlu sesuatu, dan sudah seharusnya sebagai Top Mafia, mereka membantu Anda.
Karena mereka juga akan mandapatkan bonus jika terpilih sebagai Top Mafia.

Satu hal yang saya suka dengan permainan ini, saya dapat menjalin persahabatan dengan teman-teman yang berasal dari Luar Negeri.
Kadang-kadang saya sering Chat dengan mereka, jika saya butuh sesuatu atau hanya untuk sekedar ngobrol.

Well, jika diteruskan malah panjang buanget, jadi saya cukupkan dulu sampai disini.
Nanti akan saya lanjutkan lagi artikelnya.
Jika sobat blogger ada pertanyaan mengenai Game ini, silakan isi komen di bawah, mudah2an saya bisa menjawab...
Selamat Bermain.........

0 comments:

Post a Comment

Blog Widget by LinkWithin