Saturday, February 6, 2010

Jangan Kaget, Hari ini Facebook Ubah Tampilan

Akhirnya bisa update blog lagi hari ini... setelah disibukkan dengan dua minggu training dan ngurusin para 'bule', sekarang bisa sedikit santai dech...
Sorry buat semua sobat blogger yang belum dikunjungi, hari ini akan saya bales kunjungannya... Jangan lupa ya buat komen di sini... so... Lanjut...

Memasuki usianya ketujuh tahun, Facebook memberikan kejutan kepada para penggunanya dengan perubahan tampilan. Facebook mengatakan, desain baru menyediakan navigasi yang lebih enak untuk melihat-lihat hal baru.

"Hari ini, kami mulai melakukan perubahan navigasi terbaru untuk membantu Anda menemukan apa yang dicari di Facebook. Sekarang dari kiri atas menu Anda bisa dengan cepat mendapatkan yang paling baru dan penting," ujar Jing Chen, insinyur Facebook, dalam blog perusahaan, hari Jumat kemarin.

Peringatan di atas

Ia menjelaskan tiga perubahan utama navigasi baru ini. Pertama, navigasi yang baru memastikan pengguna selalu update dari baris teratas.

"Jika Anda menerima notification Facebook, misalnya, seseorang menulis di Wall atau nge-tag foto, Anda akan melihat tombol berwarna merah di pojok kiri atas dekat kotak pencarian," jelas Jing Chen. Jika di-klik akan muncul Drop Down Menu.

Sementara itu, link ke halaman profil akan diletakkan di kanan atas menjadi satu dengan menu Account. Termasuk di dalamnya fitur untuk mengatur privasi dan log out.


Menu konten di kiri

Perubahan kedua, semua konten kini bisa diakses melalui menu terurut di bagian paling kiri. Jika pengguna biasa menggunakan sistem folder di komputer Windows, pola seperti ini sangat membantu karena familiar.

"Menu di kiri dikumpulkan agar mempermudah Anda berkomunikasi dan menemukan konten dari teman. Anda kini bisa mengakses pesan dan fitur utama lainnya dari satu tempat, dari sebelah kiri News Feed," urai Chen.

Dari menu foto, pengguna dapat melihat daftar foto terbaru teman-temannya. Dari menu kegiatan bisa melihat agenda yang akan datang. Dari menu teman bisa mencari teman, perubahan profil yang dilakukan teman, dan melakukan filter News Feed.

Berbagi info "game" dan aplikasi

"Kami juga membuat kali ini lebih mudah bagi Anda untuk menemukan dan berinteraksi dengan aplikasi dan menemukan yang baru melalui menu Applications and Games," tulis Chen.

Menu tersebut akan memperlihatkan game-game yang dimainkan pengguna Facebook, game-game yang sedang dimainkan teman. Aplikasi favorit juga bisa dipilih agar muncul di menu kiri sehingga lebih mudah diakses.

Jika tak ingin apa yang Anda lakukan diketahui semua orang atau teman, semuanya bisa diatur melalui Privacy Setting. Kalau masih bingung dengan desain baru, Facebook menyediakan Site Tour.

Jadi ga perlu bingung-bingung... Apalagi jika Anda juga maen Mafia Wars... add saya ya... :)

Sumber : Kompas

1 comment:

Blog Widget by LinkWithin