Tuesday, December 1, 2009

Wikipedia Ditinggalkan Banyak Kontributor

Hasil riset menunjukkan Wikipedia ditinggalkan banyak kontributor dalam setahun terakhir. Tidak tanggung-tanggung, jumlah kontributor/editor yang tidak lagi aktif menulis atau memperbaiki artikel di situs ensiklopedia online tersebut meningkat sepuluh kali lipat dalam setahun.

Itulah gambaran fakta yang berhasil direkam Filipe Ortega, dalam tesisnya untuk mendapat gelar doktor di Universitas Rey Juan Carlos di Madrid, Spanyol. Tesis tersebut menganalisis perubahan yang tercatat dalam log editor situs Wikipedia dalam sepuluh bahasa menggunakan software khusus buatannya yang disebut WikiXRay.

Hasil analisis menunjukkan jumlah kontributor baru dan yang nonaktif hampir sama jumlahnya sampai pertengahan tahun 2006. Sejak saat itu, jumlah kontributor yang tidak aktif makin besar sementara yang baru lebih sedikit. Kecenderungan tersebut terjadi merata di semua situs Wikipedia berbagai bahasa yang ditelitinya.

Ortega juga menemukan terjadinya penurunan drastis jumlah kontributor dalam setahun terakhir terutama di situs Wikipedia versi Bahasa Inggris. Jika pada kuartal pertama 2008 hanya ada 4.900 kontributor yang tidak aktif, pada periode yang sama 2009 mencapai 49.000 kontributor.


Namun, Wikimedia Foundation yang menaungi proyek Wikipedia menilai hasil riset tersebut tidak akurat. Menurut Wikipedia, jumlah kontributornya saat ini stabil. Jumlah kontributor Wikipedia mengalami puncaknya pada tahun 2007 dan berangsur turun sampai posisi stabil saat ini.

Selain itu, ukuran yang dipakai juga berbeda. Wikipedia hanya menghitung kontributor yang telah menyumbang kontribusi minimal lima kali, sedangkan Ortega menghitung kontributor yang menyumbang satu kali kontribusi sekalipun. Dengan perbedaan itu, Wikipedia mencatat sekitar satu juta kontributor, sedangkan Ortega mencatat sekitar tiga juta kontributor.

Salah satu pendiri Wikipedia Jimmy Wales menyatakan saat ini tak perlu ada yang dikhawatirkan di Wikipedia. Ia mengaku jumlah kontributor tidak lagi bertambah karena tidak mungkin Wikipedia terus mengalami pertumbuhan. Proyek Wikipedia yang dimulai sejak versi eksperimen tahun 2001 saat ini telah menjadi salah satu situs populer di internet.

Seiring dengan bertambahnya artikel, sebagian artikel menjadi media vandalisme untuk menghina atau menyerang lawan politik. Wikimedia Fondation pun telah melakukan perubahan aturan beberapa kali agar kualitas artikel yang tampil semakin akurat. Antara lain dengan menerapkan penundaan tayang dari artikel yang dibuat kontributor baru untuk disunting terlebih dahulu oleh editor yang telah ditunjuk.

Sumber : Kompas

0 comments:

Post a Comment

Blog Widget by LinkWithin