Tuesday, November 10, 2009

Firefox Ulang Tahun yang ke-5

Tak disangka-sangka, browser open source Firefox sudah berusia lima tahun. Firefox dilahirkan oleh Mozila Foundation pada 9 November 2004. Begitu diperkenalkan, popularitasnya langsung meroket sehingga server Mozilla crash dan perlu satu jam untuk membuatnya online kembali.

Saat diperkenalkan lima tahun lalu, belum jelas bagaimana jadinya Firefox 1.0. Mozilla Foundation pernah mencoba merilis browser-nya pada tahun 2002, tetapi ternyata tidak popular. Dulu, Internet semata-mata berurusan dengan dokumen dan situs-situs belanja. Kini, sebuah browser diharapkan juga bisa berbagi data, menjalankan aplikasi, dan mengamankan dan menghentikan orang dari berkunjung ke situs-situs yang melakukan penyerangan.

Kini lima tahun setelah diluncurkan, Firefox memang belum bisa menggantikan Internet Explorer. Namun setidaknya Firefox sudah berhasil menjadi pesaing kuat dengan menguasai 25% pangsa pasar.


Firefox sukses karena bisa beradaptasi dengan cepat dan kaya fitur. Dengan desainnya yang baru, browser ini berkinerja lebih cepat dibandingkan tawaran Microsoft. Cuma saat ini saingan Firefox bukan hanya Microsoft, tetapi juga Google dan Apple.

Juni lalu, hadirlah Firefox versi 3.5, dan versi 3.6 diperkirakan akan muncul akhir tahun ini. Sayang, Firefox kini menunjukkan gejala-gejala mirip Internet Explorer, yakni kebanyakan fitur yang (mungkin) tidak berguna. Yang juga perlu diingat oleh para pengembang Mozilla adalah keunggulan Firefox selama ini, yakni lebih cepat dan aman (disbanding Internet Explorer). Jika ini tidak diperhatikan Mozilla, bisa jadi Firefox tidak akan lagi populer, dan digantikan oleh Chrome dan Internet Explorer.

Bisa jadi yang dibutuhkan saat ini dari Firefox adalah dukungan yang lebih baik untuk HTML 5, untuk mendukung Web Open Font Format (WOFF) dan format video Ogg Theora. Ini agar halaman web yang menggunakan font open source bisa di-render dan video bisa diputar di browser tanpa penggunaan teknologi proprietary seperti Microsoft Silverlight dan Adobe Flash.

Sumber : Kompas

0 comments:

Post a Comment

Blog Widget by LinkWithin