Saturday, August 8, 2009

WOW m700 Moonraker : HP berbentuk Jam Tangan


Inilah sebuah ponsel GSM masa depan, yang lain dari yang lain. Wujudnya jam tangan yang gagah, lengkap dengan layar sentuh. Fiturnya kurang lebih sama dengan sebuah ponsel GSM plus fasilitas PMP, termasuk video player, image viewer, audio player, sound recorder, game, stopwatch, organizer (To-Do List, Calculator, Alarm), dan fasilitas Health.

Cuma jika kartu SIM tidak diselipkan ke bagian belakang unit, kita hanya dapat menikmati m700 sebagai sebuah PMP (portable media player). Sedangkan fungsi jamnya otomatis lenyap ketika batere ponsel terkuras habis. Tampilan penunjuk waktu ini juga tidak setiap saat aktif, demi menghemat usia batere. Jadi ketika ingin tahu waktu, kita perlu menyentuh layarnya.

Secara fisik, m700 yang berbadan hitam ini terlihat macho, diperhalus dengan aksen merah di bagian sisi. Tali jam yang terbuat dari karet hitam bisa dipisahkan dari badan jam (dan harus, jika ingin memasang kartu SIM).

Alhasil, sebenarnya kita bisa saja cuma mengantongi sang jam tangan (tanpa tali). Akan tetapi di tali jam itulah tempat bersarang stylus yang bisa dipanjang/pendekkan. Jadi kalau stylus-nya tidak dibawa (dengan resiko ketinggalan) dan dipakai, kita akan kesulitan menulis SMS di layar sentuh nantinya. Sejujurnya, menulis SMS di layar sentuh ini membutuhkan latihan.

Panel samping m700 memamerkan 'kotak' berlubang-lubang, yang merupakan satu, bukan dua, speaker. Tidak mengherankan jika saat mengusung fitur multimedia, alias musik MP3, suara yang diperdengarkannya – kendati keras – kurang bulat.

Mungkin karena itulah, dalam paket m700 disertakan sebuah earphone model in-ear berwarna putih, khusus untuk mendengarkan musik. Sedangkan untuk mendukung percakapan telepon, tersedia sebuah Bluetooth earphone yang harus dicantelkan di telinga (ear clip). Sebelum bisa digunakan, earphone Bluetooh ini perlu di-charge (via kotak adapter yang disertakan) selama 1 jam 23 menit.

Yang istimewa, jam ini – layaknya ponsel masa kini -- dibekali fungsi kamera dengan sensor CMOS. Resolusinya tidak terlalu tinggi, 1,3 megapixel, sehingga hasilnya kurang tajam. Lensa kamera ini terletak di salah satu sisi badan, tepat di atas lubang-lubang speaker.

Hasil bidikan boleh disimpan di kartu memori microSD. Ya, m700 ini sudah mengemaskan slot kartu microSD yang bersembunyi di balik cover karet, sejajar dengan port miniUSB. Dalam kemasannya sudah dibonuskan sebuah kartu microSD berkapasitas 1GB – cukup untuk menyimpan file audio, video, dan image.

Selain untuk memotret, keberadaan fasilitas kamera menyebabkan pengguna m700 juga bisa merekam video. Ini khususnya bermanfaat bagi mereka yang ingin merekam gambar bergerak maupun diam tanpa terdeteksi (candid camera).

Namun menurut kami, memotret maupun merekam video saat jam melingkar di pergelangan tangan tidak terlalu mudah dilakukan. Jadi saran kami, lepaskan jam dari talinya dulu.

Untuk mendayai fungsi m700, dalam paket tersedia dua kemasan batere Li-Ion. Saat kami coba, batere Li-Ion bawaan ini mampu bertahan 81 jam 50 menit dalam kondisi ponsel standby (dengan fasilitas Bluetooth diaktifkan).

Sedangkan bila dipakai hanya untuk mendengarkan musik MP3 secara nonstop (volume maksimal) via speaker internalnya, batere tersebut tahan 9 jam 32 menit – sebuah waktu yang cukup lama.

Batere yang sudah habis dayanya harus diisi via stopkontak USB yang disertakan, yang membutuhkan waktu sekitar 3 jam. Sayangnya, pengisian ulang batere harus dilakukan secara bergantian saat batere bercokol dalam unit. Alangkah lebih baik jika tersedia charger eksternal.


***

m700 moonraker yang memamerkan logo Jaguar pada panel depannya ini serbaguna. Bisa berfungsi sebagai ponsel GSM plus fungsi kamera sampai perangkat penghibur multimedia. Tampilannya cukup modis, cocok bagi yang suka bergaya ala James Bond. Memorinya, jika kurang, bisa ditambah melalui kartu microSD.

Plus: Ponsel GSM multifungsi; dua batere; Bluetooth headset; kamera CMOS; slot kartu memori; tali jam bisa dilepas.

Minus: Mini stylus beresiko tercecer; menulis SMS agak repot; tidak waterproof; earphone port USB; manual kurang detail.

SPESIFIKASI WOW m700 Moonraker
Fungsi telepon:
Jaringan GSM 850/900/1800
Layar 1,3” TFT 260K touch screen
Kapasitas phonebook 800
Waktu siaga (standby) 81 jam 50 menit (Bluetooth aktif)
Waktu bicara Tidak disebutkan
Tipe koneksi USB 2.0, Bluetooth 1.2 Class 2, GPRS, WAP

Fungsi PMP:
Format audio MP3
Format image JPG
Format movie MP4, 3GP

Tipe memori simpan Flash + kartu microSD
Kapasitas 1,86MB (+ bonus kartu microSD 1GB)
Power supply Batere Li-ion
Kompatibilitas Tidak disebutkan
Signal-to-noise ratio Tidak disebutkan

Kelengkapan
· User Guide
· Kabel USB (data) + kepala stopkontak USB
· Charger + adaptor untuk headset
· Bluetooth stereo headset + dua cover karet earphone
· In-ear earphone
· 2 batere Li-ion 3,7V 700mAh
· Kartu microSD 1GB

Dimensi (plt) 6,5x4,2x2 cm
Garansi 1 tahun
Situs Web www.jamhp.com
Harga kisaran * Rp 3.500.000
* TeknoMaster (021) 730-7107.

Hasil Uji Kecepatan Transfer*
Copy dari harddisk (write): 0,45MB/s
Copy ke harddisk (copy): 0,81MB/s
Hapus file (delete): 49,86MB/s
* File yang diproses adalah 101 file MP3 dalam dua folder dengan ukuran total file 410MB. Pengujian dilakukan tiga kali pada notebook NEC Versa E680 (Pentium M 1,5GHz, RAM 256MB, Win XP Pro, USB 2.0), dan hasilnya dirata-ratakan.

Sumber : kompas.com

0 comments:

Post a Comment

Blog Widget by LinkWithin